Twitter Facebook Google Plus RSS

Rumah Alm. Dr Saleh Jadi Cagar Budaya

Rumah Dr Mohammad Saleh
Sebuah rumah tua yang tetap berdiri kokoh walaupun sudah hampir terlupakan, menjadi saksi hidup pahlawan Nasional dan perintis Kemerdekaan Alm. Dr. Mohammad Saleh atau yang biasa dipanggil Dr. Saleh. Pria yang lahir di Boyolali, Jawa tengah tahun 1888 ini merupakan lulusan STOVIA. Beliau juga satu perguruan dengan Dr. Soetomo yang juga ikut membentuk pergerakan Budi Utomo pada 20 Mei 1908. 

Dr. Saleh pertama kali pindah ke Probolinggo pada usia 50 tahun dan memilih meneruskan penjuangannya di Kota Probolinggo sampai akhir hayatnya. Beliau juga pernah dinas di Jakarta, Bondowoso, Besuki dan Sulawesi. Di rumah ini, Dr. Saleh mendirikan partai politik pertama di Indonesia yang bernama Partai Indonesia Raya.

Pada awalnya, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa rumah ini merupakan kediaman Alm. Dr. Saleh. Padahal pemerintah Kota sudah memberi nama jalan rumah tersebut dengan nama beliau sebagai penghormatan atas jasa-jasanya terhadap ibu pertiwi. Sekarang, pihak Pemerintah Kota Probolinggo menggunakan rumah ini sebagai destinasi wisata dan cagar budaya baru di daerah Probolinggo. Dengan adanya tempat ini, diharapkan generasi muda dapat meneladani nilai sejarah yang ada pada bangunan tua ini.

Meskipun tidak memiliki gunung dan air terjun, semoga Kota Probolinggo semakin jaya di bidang pariwisata!
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg










Penulis : Unknown ~ Link Go

Artikel Rumah Alm. Dr Saleh Jadi Cagar Budaya ini dibuat oleh Alfian Imanuddin pada hari Minggu, 24 November 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika ada pertanyaan yang perlu diajukan, silahkan email ke maria.aragon666@gmail.com
Back to top